0 item in the bag

No products in the cart.

5 Perbedaan Kulit Asli dan Bahan Sintetis

Kemarin ada buyer yang nanya ke kita, “Kulit asli bukan nih?“, “Kalo bukan kulit gimana?“, “Kalo kata agan kulit asli, gimana saya bisa buktiin kalo dari agan bukan kulit sintetis?“. Untuk menjawab semua itutelitilahketerangan apabila inginmembeli produk kulit asli.

Memang banyak yang sering ragu apabila ada online store/toko online menuliskan material produk hanya “kulit”. Apalagi teknologi sekarang bisa memproduksi kulit sintetis yang bentuknya hampir mirip dengan kulit asli (walau secara kualitas tidak akan mirip). Simak ya dibawah ini:

Tapi tenang saja, bagi konsumen yang bingung membedakan kulit asli dengan kulit sintetis, kita tertarik untuk mengulasnya dan menjadikannya artikel untukngebantu kalian agar bisa membedakan kulit sintetis dan kulit asli.

Mulailah dari perabaan dan memperhatikan tekstur

Kulit aslimerupakan bahan material alamiah. Pada tekstur nya biasanyaberpori, ketika di raba pun terasa lebih ‘hidup’ dari material sintetis. Kulit asli pun memiliki ciri khas dan unik yakni apabila kulit tersebut ditekuk terjadi inkonsistensi warna dan jugaterdapat tanda-tanda alamiah seperti adascratch/goresan alamiyang kulit dapatkan semasa kulit tersebut masih merupakan bagian organ makhluk hidup. Berbeda hal nya dengan kulit sintetis yang warnanya cenderung sangatrata, kaku dan terasa matikarena buatan manusia.

Lihat tekstur serat flesh (bagian bawah permukaan kulit)

Bagian belakang permukaan kulit asli (apabila bisa dilihat) akan sangat berbeda dari kulit sintetis. Dibalik permukaankulit sintetisakan terlihat ada serat-serat yang motifnya teratur, mirip motif serat kain kanvas.Berbeda dengan kulit asliyang serat-serat bagian flesh dibaliknya itu terdiri dari serabut-serabut tak beraturan yang terbentuk secara alamiah

Menciumi tiap bagiannya

Kulit asli cenderung berbau khas. Sedangkan kulit sintetis cenderung berbau plastik, karena memang terbuat dari plastik.

Tetesi sedikit air

Kulit asli kebanyakan akan menyerap air walaupun ada sebagian yang sulit, sedangkan kulit sintetis sama sekali tidak akan menyerap air karena kulit sintetis terbuat dari plastik dan tidak mempunyai kemampuan menyimpan air.

Sentuhkan api/bakar

Nah ini cara yang paten buat bedain mana kulit asli dan sintetis. Caranya dengan sentuhkan api selama 5 detiik ke permukaan kulit yang akan di tes. Kulit asli yang dibakar akan terbakar namun tidak akan meleleh. Baunya seperti rambut/bulu terbakar. Kulit sintetis yang terbakar akan meleleh seperti halnya kita membakar plastik.

Nah itulah sob, bro, dan sis semua cara membedakan kulit asli dengan kulit sintetis lengkap dengan gambar peraga/contohnya. Semoga kagak ada yang bingung lagi yeee… Kalo masih bingungfeel freekontak kita di bagian bawah/footerwebsite ini.Atau simple klik icon social chat kita dibawah ini:

dotleathergoods

How to Buy

Please contact us via LINE at dotleathergoods on your mobile device.

×

Wear Leather EVERYDAY Dismiss