0 item in the bag

No products in the cart.

Sedikit Catatan Kita

Telah dijelaskan pada About Our Company, DOT Leathergoods menggunakan bahan kulit hewan ASLI yang telah disamak dengan professional oleh Tannery yang berasal dari lokal maupun dari luar. Tidak ada perbedaan kualitas antara tannery lokal dan luar, hanya saja setiap tannery (penyamak) mempunyai ciri khas dalam menghasilkan masing-masing finishing. Dan jadi catatan, dapat dipastikan kita melakukan Quality Control terhadap bahan kulit yang masuk ke proses pengerjaan kita.

s

Mengapa kita menggunakan kulit sebagai material utama dalam pembuatan leathergoods kita? Kulit merupakan material natural yang mana warnanya bisa berubah berdasarkan cara finishing dan seiring pemakaian. Berubah warna disini konteksnya BUKAN berubah warna rusak (warna kulit mengelupas yang sering ditemukan pada kulit kualitas grade rendah), namun berubah warna disini lebih ke PERUBAHAN evolusi warna karena umur pemakaian ‘leathergoods’ atau yang bisa disebut karena PATINA. PATINA ini menjadikan warna kulit bisa berubah cenderung ke lebih gelap dari asalnya, mengkilat dan terlihat lebih ‘klasik’. Oleh karena sifat patina ini orang-orang cenderung menyukai bahan baku kulit baik secara fungsional maupun secara ‘art’ semenjak ±7000 SM (tercatat penduduk Asia Selatan telah melakukan penyamakan sejak tahun tersebut).

Ketika kulit mentah melalui proses penyamakan dan pewarnaan (coloring), setiap jengkalnya menyerap warna sesuai berdasarkan struktur sel yang dimilikinya. Sehingga terdapat perbedaan warna, tergantung pada karakteristik sel yang menerima zat warna tersebut. Sedangkan penerimaan coloring setiap sel pada satu lembar kulit pun belum tentu sama, nah ini lah yang membuat material kulit unik dan warna yang dihasilkan juga unik. Perbedaan tingkat warna yang tidak terlalu jauh merupakan hal yang kerap terjadi pada penyamakan kulit bukan merupakan suatu kecacatan, melainkan itu lah KEUNIKAN dari bahan material kulit.

Wear Leather EVERYDAY Dismiss